Sunday, June 18, 2017

Martabak manis, Terang bulan, Pulu pinang?

   Mau tanya dong.
   Apa nama makanan yang terbuat dari adonan tepung yang di masak di atas Teflon gede(?), yang ditaburi keju ato meses ato kacang dkk diatasnya lalu kadang diaksih susu kental manis sesuai selera yang mesen di tempat kalian?

   Martabak manis?
   Terang Bulan?
   Ato Pulu Pinang?

  Pasti kalian yang baca jurnal gak penting ini (gak ada), pernah denger perdebatan(?) soal nama dari makanan ini.

   Sekarang lagi happening kan Martabak ala-ala yang sering dijual di berbakai akun instagram kuliner. Yah, kebanyakan namanya “Martabak manis”.

   Sebagai orang yang berasal dari pulau terpencil, awal gue tau makanan itu disebut martabak manis adalah ketika gue kuliah. Sekitar taun 2006-2010 lha. (Iya, gue emang udah tua).
  
   Waktu itu, geng-gengan gue masa kuliah, Tomato Girls –kumpulan gadis berpipi bulat- lagi jalan-jalan ke mall. Sekedar info, dulu gue ini sangat amat jarang sekali ke mall, karena uang jajan gue dulu 100rb untuk seminggu udah merangkat uang angkot untuk pulang –jadi kudu hemat.

   Jalan-jalan ke mall sekedar klo salah satu anggota tomato girls ultah, alias ada traktiran. Wkwkwkw

   Waktu jalan-jalan itu, Dian –member tomato girls asal lamongan, mencium sesuatu yang entah apa, lalu nyeletuk “Eh, baunya enak. Kayak bau martabak manis.”

   Lalu anggota geng yang laen melongo. Martabak manis? Perasaan kok mau Pizza deh…

   “Martabak manis apaan toh yan?” – tanya Nyosi
   “Itu lho.. yang ada topping meses, keju dkk?”
   “LHA itu Terang bulan keleeesss”
   “Pulu pinang bukan?” – gue yang masih katrok gak ngerti nama makanan di Surabaya.

   Iya, gue tuh taunya nama makanan yang lagi kekinian itu sebagai ‘Pulu pinang’, sementara Nyosi dan Rahmi mengenalnya sebagai ‘Terang Bulan’ dan Dian –orang lamongan tapi berasa dari Jakarta- mengenalnya dengan ‘Martabak manis’.

   Sebenernya gak penting juga sih di ributin, toh pesen Terang bulan atau Martabak manis datengnya ya bentuknya sama. Kecuali pulu pinang, mas penjualnya bingung. Entah masnya yang emang gak pernah denger istilah itu, ato emang gue yang masih katrok pake istilah itu.

   Beberapa hari yang lalu, ketika abis teraweh jamaah sama keluarga, Bapak gue tiba-tiba nyelutuk sambil makan pastel bikinan emak.

   “Kalian tau ndak kenapa terang bulan disebut pulu pinang di pulau kita?”

    Tiga curut turunan sang bapak geleng-geleng kepala.

   “Jadi dulu makanan itu asalnya dari Pulau Pinang, makanya orang bilang itu pulo pinang, artinya semacam berasal dari pulau pinang…”
   “Hoo….”


   Entah apakah penjelasan bapak gue itu benar ato ndak –secara bapak gue kadang suka sengklek ngerjain anaknya gak kira-kira, tapi untuk sekarang gue akan percaya. Sampai ada argument yang mengatakan sebaliknya. #apasih

   Jadi, apa sebutan makanan kekinian itu di tempat kalian? :')

1 comment:

  1. Di tempat gue itu namanya terang bulan, kalo martabak manis malah orang jadi bingung karena dikira martabak telor tapi rasanya manis. pulu pinang gue jarang denger ya, tapi ada sih yg bilang polo pinang gtu...
    btw, facebook lu apa? temenan yuk...

    ReplyDelete